Belajar, Bermain, Bernyanyi di Kompas Muda Creativity

Share

Pada 12-14 November 2010 lalu, saya bertugas meliput acara Kompas Muda Creativity. Acara ini diselenggarakan oleh Marcomm Kompas di gedung kompas Gramedia Palmerah Selatan.

Para pelajar SMA se Jabodetabek tumpah ruah di acara yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Kompas Muda yang ke empat. Tapi tak hanya anak SMA saja yang datang ke acara ini, karena ternyata mahasiswa, orang dewasa, hingga anak kecil sekalipun ikut meramaikan kantor siang hingga sore hari itu.

Memang bukan Kompas namanya jika tidak sesuai dengan tagline mereka "Lintas Generasi" karena Kompas bukan hanya sebagai media yang "boleh" atau bisa dinikmati para kaum dewasa yang melulu ngomong politik, hukum dan negara. Tapi, melalui Kompas Muda, harian Kompas ingin mengajak kaum muda untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mereka. Melalui rubrik khusus yang terbit setiap hari Jum'at yang menyajikan berbagai informasi bagi pembacanya.

Dengan basis komunitas yang sudah kuat, para pelajar SMA dan mahasiswa diseleksi di setiap kota untuk menjadi volunteer dalam setiap event Kompas Muda, begitu pula pada ulang tahun yang ke empat ini, Kompas muda mengadakan roadshow ke delapan kota.

Berbagai rangkaian acara diselenggarakan guna memfasilitasi para pelajar dalam mengembangkan bakat mereka. Yaitu, workshop fotografi oleh Arbain Rambey (pewarta foto Kompas)dengan tema IT di sekeliling kota, "photo Hunting & Image Processing" oleh Liem Bun Chai (Produksi Redaksi kompas) dan workshop Inspirasi Penulis MuDA (Blogging) oleh Fikria Hidayat (Kompas.com serta workshop teknologi robot oleh Robotic Explorer.


Tak hanya belajar, tapi peserta juga dihibur oleh aksi kreativitas pelajar-pelajar SMA, yakni penampilan salsa SMA 3, Percussion SMA 42, dan lain-lain.Yang menarik sekaligus menegangkan, diadakan pula kompetisi bike free style "Fixie The Messenger" yang diikuti oleh para pecinta sepeda dengan gaya-gaya bersepeda yang ekstrem. Seperti melompati orang dengan posisi melintang dilantai. Gaya ini cukup membuat para pengunjung penasaran ingin mendekat dan menambah riuh tepukan para penonton.





Selain itu diadakan pula kompetisi membuat mading 3D dengan tema "Trial "Your sttyle with IT". Lomba mading diikuti oleh para pelajar SMA, dengan tema air. yang terintegrasi dengan sponsor AQUA yang turut mendukung acara ini.

Puncak acara adalah performance dari RAN, yang ditunggu-tunggu oleh para penonton baik dari masyarakat sekitar maupun orang-orang yang hanya sekedar melintasi jalan Palmerah sore itu. Meski kali ini Asta 'RAN' tidak ikut manggung, namun suasana tetap meriah oleh teriakan dan suara-suara para penggemar yang ikut bernyanyi bersama mereka.

Merupakan usaha yang sungguh patut dihargai, Kompas Muda merangkul para kaum muda untuk terus berkarya, berkreativitas, dan beradu bakat dengan sesamanya.

Selamat ulang tahun Kompas Muda. Kami kaum muda menunggu roadshow di kota-kota berikutnya!

0 komentar:



Posting Komentar