penyu yang malang

Share



Sekitar sebulan yang lalu, telepon saya berdering, rupanya teman saya menelepon. Perjalanan sepulang dari kantor saat itu cukup melelahkan. Namun akhirnya sedikit terlupakan karena teman saya bilang :" nanti mampir ke rumah ya, gw ada sesuatu buat elo".


Oke, akhirnya meluncurlah saya pulang dan mampir sebentar ke rumahnya karena penasaran, apa yang mau dia kasih ke saya. Singkat cerita, saya diberikan peliharaan baru, yaitu : penyu!

Agak syok dikasih penyu, karena sama sekali ga pernah pelihara dan ga tau gimana cara peliharanya..
pertamanya, saya masukin penyu ke akuarium saya, dan saya kasih makan bareng2 mas koki yang lain. Dengan lahap dia makan pelet mas koki. Tapi ternyata mereka masih laper dan akhirnya mengincar ikan mas koki mutiara saya yang gendut.
alhasil saya langsung teriak ?eeeh penyuuu....jangan jahaat makan mas koki!!

intinya si 2 penyu yang diberi nama ringu dan ciku ini akhirnya dipisahin di kotak bekas kura2..
anehnya setelah 2 hari mereka agak lemes, ga se enerjik hari pertama.

saya cari tau di forum2 tentang gimana caranya memelihara penyu.. ada yang bilang kalau penyu habitat aslinya adalah di laut, jadi kalau ditaro diair laut mereka akan lebih seger.

Pada hari ketiga, si ringu tidak bergerak, di goyang-goyangin ga bergerak juga. sampai akhirnya kaku. dan dinyatakan meninggal... saya ngerasa bersalah banget. karena ga ngerti cara memelihara penyu. hingga akhirnya, untuk menyelamatkan si ciku, saya langsung ke tukang ikan.

Berbekal ilmu yang saya dapat di forum-forum di internet, saya membeli air laut, dan saya pikir tempat si ciku harus di akuarium supaya dia bisa berenang. Saya pun membeli akuarium, air laut beserta arus.

Sesampainya dirumah, untuk menyelamatkan nyawa Ciku, saya masukkan dia ke akuarium air laut. Berharap dia kembali segar dan bisa sehat. Awalnya Ciku bergerak-gerak tampak riang. Sayapun senang.. berkali-kali menjerit nama Ciku supaya cepet sembuh..

10 menit kemudian, saya lihat akuarium..
Ciku kaku, mulutnya menganga, mati mengenaskan. Lebih mengenaskan daripada temennya Ringu.

Rasanyaa sedih banget dan ngerasa bersalah.. akhirnya almarhum Ciku menyusul Ringu.

Pesen saya, jangan pelihara penyu, karena mereka binatang yang dilindungi, apalagi kalau kita tidak paham cara peliharanya..

Akhirnya akuarium yang saya beli, saya isi dengan ikan kecil dan berbagai pohon air.


4 komentar:



Dh0ni mengatakan...

beb, itu foto penyu yang udah almarhum khan??

malang nasib kalian berdua nak ditangan novi.. hehehe..

semoga kalian di surga sehat-sehat..

tapi gk ada rencana pelihara lagi beb? mungkin aja kali ini penyunya bisa jadi besar? nanti kita bikin ternak kalo berhasil ^_^...

Novia Delvita mengatakan...

ga mau piara penyu lg.. mendingan mereka hidup bebas aja dilaut beb.daripada mati ditangan aku. ngerasa bersalah..kalo piara ikan gak papa kan?hehe

Loura mengatakan...

Kak, kakak wkt pelihara penyu airnya tinggi ya? Lalu itu kakak kasi makan apa?

Wkt pemyu nya makan ikan mas, sebesar apa ikannya? :)

Maaf aku banyak nanya kak heheh soalnya sepertinya penyu tmenku lg sakit diem terus..

Novia Delvita mengatakan...

@Loura iya laura, airnya tinggi, jadi penyunya berenang.. waktu itu dikasi makanan ikan aja.. kayak pelet ikan biasa..
gimana penyu temen kamu?

Posting Komentar